Pola pikir. 7 hal yang membentuk pola pikir?.

0
1643

Pola pikir. 7 hal yang membentuk pola pikir?. Prestasi sesesorang dimanapun dia berkarya berkarir sangat dipengaruhi oleh Pola Pikir. Pola pikir itu sendiri terbentuk oleh proses internal dan eksteranal terus menerus sepanjang waktu .Dominasi bentuk pola pikir sangat dipengaruhi proses   pembentukan mulai dari dalam kandungan sampai masuk ke liang lahat. Dengan demikian pross pembentukan pola pikir ada yang menyadari ada pula yang tidak pernah menyadari.

Bagi orang atau sekelompok orang atau keluarga yang menyadari pembentukan pola pikir anak mulai dari dalam kandungan maka ada sebagian orang yang berusaha keras untuk membentuk pola pikir anak dengan memberikan rangsangan dan pengaruh dengan metoda tertentu sehingga saat lahir si anak telah memiliki pola pikir sebagaimana dikehendaki oleh orang tuanya .

 Ada juga sebagian besar orang atau keluarga tidak pernah menyadari proses pembentukan pola pikir maka walaupun sedang mengandung janin tetap melakukan tindakan dan apapu sesuak hati  dan ternyata apa yang dilakukan kedua orang tuanya saat mengandung janin tanpa disadari mempengaruhi dan membentuk pola pikr anak saat lahir . Orang tua yang pemarah akan sangat mungkin menunrunkan sifat dan pola pikir gampang marah tersebut kepada anaknya.

Terbentuknya pola pikir tersebut  sangat tergantung proses  terjadinya secara proses dapat dilihat bahwa beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pembentukan pola pikir antara lain :

  1. Faktor keturunan, genetika atau darah. Keturunan pemalas besar kemungkinan akan melahirkan anak yang pemalas juga, Darah keturunan sangat dominan mempengaruhi pembentukan pola pikir seseorang . Dalam kehidupan sehari-hari selalu tampak bahwa terjadi kemiripan pola pikir anak cenderung mewarisi pola pikir dari kedua orang tuanya, dan atau terkadang dominan ke salah satunya saja.
  2. Anak lelaki ada kecenderungan mewarisi cara berpikir ayahnya yang egois dan pemarah, sedangkan anak perempuan biasanya mewarisi cara berpikir ibunya yang lembut dan penuh dengan kasih. Namun demikian bukan berarti harus menyerah apapun yang berasal dari kedua orang tua.
  3. Penanaman, pola pikir terus menerus dengan melihat kejadian setiap hari yaitu “satu reaksi tingkah laku yg diperoleh orang selama usia masih sangat muda dalam kehidupan”. Akan memberikan reaksi baik positif maupun negatif pada si anak dan skhirnya membentuk pola pikir yang sangat tertanam dalam mental anak sampai dewasa .
  4. “lingkungan keluarga” di mana seseorang dibesarkan sangat mempengaruhi pembentukan pola pikir. Misalnya jika “Pola Pikir” “Kinerja” seseorang. yang bijaksana atau rajin bekerja dalam lingkungan keluarga maka faktor “lingkungan” akan  mempengaruhi pembentukan pola pikir seseorang,
  5. Interaksi sosial. seorang sangat mempengaruhi pembentukan pola pikir “ sebagai contoh kenapa anak yang dibesarkan oleh monyet berperilaku seperti monyet “ Itu dikarenakan dia dididik di lingkungan sosial monyet. Jika anda hidup di lingkungan preman, maka bersiap siaplah anda menjadi preman, jika anda hidup di lingkungan orang orang yang saleh dan taat beragama, maka bersyukurlah anda karna mau tak mau anda akan mengikuti mereka. Saya pernah bertanya kepada teman saya tentang bagaimana caranya supaya karir kita bisa sukses? Dia hanya menjawab simple yaitu “Bergaullah dengan orang-orang yang sukses”.
  6. Banyak belajar ; ini berpengaruh positif untuk “peremajaan pikiran” agar lebih kuat dalam melawan arus, terlebih lebih zaman sekarang ini banyak sekali hal hal negatif yang bisa merusak pikiran anda, bagaikan virus yang menjangkit di tubuh anda, anda tidak akan sadar betapa cepatnya semuanya itu berjalan, anda akan sadar ketika cara berpikir anda sudah membuahkan hasil, apakah itu hasil yang baik maupun buruk.
  7. Lakukanlah sebuah perubahan dalam hidup anda sebelum anda kehilangan kesempatan. Ingat, tubuh anda hanyalah setumpuk daging, mereka hanya akan bergerak jika ada perintah dari pikiran anda. Anda ingin kehidupan anda berubah? Maka sekarang waktunya merubah cara berpikir anda. Anda yang memegang kendali, anda yang menentukan anda harus berubah kemana, jangan sampai salah arah, tetapkan tujuan anda, dan mulailah mengayuh perahu kehidupan anda sekarang juga. Jangan tunda tunda lagi, karena sudah banyak orang dibelakang anda yang siap mendahului anda.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa berikan tanggapan , kritik dan saran untuk perbaikan. Terima kasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY